Laman

Friday 24 May 2013

Pempek Udang


Udah lama bgt, kepingin bikin pempek, karna salah satu makanan favorite saya. Pempek klo di jakarta, paling enak di depan Tamini Square, Pempek Garuda nama nya. Es kacang merah nya juga paling enak disana, murah lagi. Recomended lah :).

Udah 2 hari saya tanyain ke abg sayur, ada ikan tenggiri ga, tapi jawabannya nga ada terus. Huuhh.. padahal udah kepingin bgt. Alhasil, saya kepikir, dibikin pempek udang aja deh.. ^^. Rasa nya memang jauh beda bgt sama pempek ikan, tapi nga masalah lah. Trus saya gugling  resep cuko yang enak. Ternyata kuah cuko klo mau enak itu didiamkan dulu satu malam. Tapi klo mau langsung dikonsumsi juga gpp. Tapi menurut pengalaman saya sih, memang enak klo udah satu hari, soalnya bsk pagi nya saya coba kuah nya jadi lebih enak. :). Yuk, dilihat resep nya:). Semoga Bermanfaat ya.. :)

Resep Pempek Udang
Source: Chef di metro tv, saya lagi nonton 8-11 show, tapi lupa namanya
Bahan:
250 gr udang segar, kupas kulit nya, haluskan
125 gr tepung sagu
1 1/2 sdt garam
20 cc air es



Cara:

  • Campur semua bahan jadi satu, uleni sampai kalis, dan bisa di bentuk.
  • Cetak sesuai selera, mau di bikin kapal selam, lenjer, atau adaan.
  • Rebus pempek, dengan 2 sdm minyak sayur. Setelah mengapung angkat dan tiriskan.
  • Goreng pempek, 
  • Angkat dan Sajikan dengan cuko dan pelengkap lainnya deh ^^
  • Happy Cooking!!!


Resep Kuah Cuko
Bahan:
250 gr gula merah, iris halus
500 ml air
2 sdt cuka putih
1 sdm garam

Bumbu Halus:
4 buah cabe merah *ini bisa disesuaikan sesuai selera ya
6 siung bawang putih
3 sdm ebi

Cara:

  • Rebus gula merah dengan air, sampai larut, masak dengan api kecil.
  • Setelah mendidih, masukan bumbu halus, garam dan cuka. 
  • Masak dengan api kecil dan air agak susut. 
  • Angkat dan sajikan ^^
Tips:
Merebus pempek dengan menambahkan miyak kedalam air rebusan, dimaksudkan untuk mencegah lengket nya pempek satu sama lain. Oia, nanti pempek udang ini setelah direbus berwarna khas udang ya, ke orange an.
Oia, merebus makanan dengan bahan dasar sagu, selalu ditandai dengan mengapung nya makanan, bila makanan sudah matang atau istilah yg saya dapat dari chef di tv adalah Magic Moment.

" Tak ada rotan, akar pun berguna. Tak ada tenggiri, udang pun jadi ^^"




2 comments:

  1. wahh kayaknya gampang yaaa,, coba ahhh ^^

    ReplyDelete
  2. iya bo.. :)
    Silakan dicoba-coba bow, nanti bagi yey.. :p

    ReplyDelete