Laman

Thursday 23 May 2013

Kroket Kentang Isi Sayuran


Tadi nya saya bingung, karna saya mau masak sop, tapi nga ada teman nya, biasanya kan sop disajikan dengan perkedel, tapi sudah bosen dan sudah terlalu biasa sekali. Akhirnya gugling sana sini, akhirnya jatuh pada kroket kentang deh pilihannya. Bahannya sama, sama-sama dari kentang, tapi dengan rasa yang berbeda, jadi nga bosen-bosen amat ya. Isi nya juga cuma sayuran yang ada dikulkas aja, dari pada sayang nga terpakai, mending dijadiin makanan ya.. ^^

Pas suamiku request, masak nya sop nya nanti aja, biar hangat pas dy pulang. Eh, malahan pas dy pulang sop nya belom mateng. hehe. Besok-besok management waktu nya musti diperhatikan lah. :p

Resep
Bahan:
1/2 kg kentang, kupas, potong kecil-kecil, rebus, goreng sebentar, haluskan
1 butir kuning telur
2 sdm susu bubuk
11/2 sdt garam
1 sdt merica
1 butir telur kocok lepas
Tepung roti secukupnya



Bahan isi:
Bahan isi nya sesuai selera aja ya, bisa ayam, bisa daging, atau sayuran seperti saya juga boleh. ^^
Klo saya wortel nya saya parut pake parutan keju, buncis saya iris tipis, trus ditambahin bakso potong kecil-kecil. Ditumis pake bawang putih aja, tambahin garam, merica, sama saus tiram deh.

Cara:

  • Kentang yang sudah dihaluskan, campur dengan telur, susu bubuk, garam, dan lada. Uleni samapi rata
  • Ambil beberapa bagian bulatkan dan pipihkan, isi dengan isian yang sudah disiapkan, Gulingkan ke tepung roti, celupkan ke kocokan telur dan gulngkan ketepung roti kembali. Lakukan samapai adonan habis.
  • Diamkan 30 menit di dalam kulkas, supaya tepung roti nya lebih melekat. Tapi klo mau di goreng langsung juga gpp.
  • Goreng hingga berwarna kuning keemasan *golden brown. 
  • Angkat dan Sajikan deh ^^.
  • Happy Cooking!!!
Tips:

Untuk merebus kentang nya, air nya diberi garam kira-kira 1 sdt, untuk memberi rasa pada kentang nya.
Guna nya kentang dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum direbus adalah, mempercepat proses perebusan, sehingga bisa efisien waktu nya.
Mengapa sebelum dihaluskan kentang perlu di goreng terlebih dahulu? Untuk mengurangi kadar air dalam kentang itu sendiri pada saat proses perebusan, goreng kentang nya hanya sebentar, kira-kira sudah mulai ada gelembung udara pada kentang nya, tanda kadar air nya sudah berkurang. Jika kadar air di kentang masih banyak, kemungkinan bisa hancur saat digoreng.
Karna itu juga, lebih baik kroket disimpan didalam kulkas terlebih dahulu sebelum di goreng.
Untuk menghasilkan warna yang bagus, goreng dengan api sedang, dan minyak tidak terlalu panas, karna tepung roti cepat sekali gosong nya, dan setiap habis menggoreng, saring remah"an nya supaya tidak menempel pada gorengan berikutnya.


"Me-manage waktu dengan baik, membuat pekerjaan kita lebih efisien"




No comments:

Post a Comment