Laman

Tuesday 25 June 2013

Sosis Solo


Alhamdulillah, setelah sekian lama resep ini hanya di bookmark saja, ga di bikin-bikin, sekarang terealisasikan juga. Saya heran kenapa nama nya sosis solo ya? hehe. Pertama kali tau makanan ini, dari suami ku yang dulu pas masih bujangan >.<, sering makan ini  buat sarapan. Cara buat nya sih, hampir sama kayak buat risoles ya, cuma kalau ini pakai kocokan telur buat lapisan luar nya. Rasanya gurih, mungkin karna kulit nya pakai santan kental instan ya. Secara keseluruhan enak deh pokok nya :), sekalian persiapan resep buat bulan puasa, seperti nya cocok buat bukaan pas puasa nanti. :). Semoga bisa bertemu bulan yang penuh berkah nanti.. :) Aamiin. *dan semoga cepet dapet junior. Aamiin. :)


Ini Resep nya.. Semoga bermanfaat ya.. :)
Resep Sosis Solo
Source: Mbak Dyah Ayu*saya lupa nama blog nya apa, karna saya simpan di word, saya bikin setengah resep
Bahan Kulit:
100 ml santan kental instan
250 ml air
150 gr terigu
2 butir telur, kocok lepas
1 sdm margarin, cairkan
1 sdt gula
1/2 sdt garam

Cara:
  • Campur santan dan air, aduk dengan whisk. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata pastikan tidak ada yang menggumpal
  • Masukan kocokan telur, aduk rata. tambahkan margarin, gula dan garam.
  • Ambil 2 sendok sayur adonan, cetal di atas teflon uk 18-20 cm. Lakukan sampai adonan habis.


Bahan Isian:
2 buah wortel, potong kotak kecil
200 gr daging ayam cincang
1/2 siung bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
daun bawang iris halus
1 sdt garam
1 sdt lada
air secukup nya

Cara:
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih. Tumis bawang bombay sampai harum, masukan bumbu yang dihaluskan.
  • Masukan ayam cincang, masukan air. Masak ayam sampai setengah matang. 
  • Masukan wortel, dan daun bawang. Tambahkan garam dan lada. Masak sampai matang.


Penyelesaian:
  • Ambil selembar kulit, masukan isian. Bentuk seperti risol.
  • Celupkan ke kocokan telur, dan goreng deh.. :)
  • Hasil nya 12 buah.


*Ternyata saya salah bentuk sosis solo nya, seharusnya seperti risol, saya malahan seperti risoles. #haduuuh. Tapi gpp lah, nanti saya bikin lagi yang kaya risol. :).





No comments:

Post a Comment