Laman

Monday 17 June 2013

Ayam Goreng Kalasan


Ini edisi telat masak, padahal saya udah belanjanya dari siang lho. -_-. Entah kenapa, saya belum dapat inspirasi mau masak apa, saya udah beli ayam, bahan buat sayur sop, sama tempe. Tadi nya mau bikin olahan tempe gitu, tapi nga jadi. Saya inget, waktu itu pernah liat resep ayam kalasan di blog nya ummu fatimah. Saya paling sering makan ayam kalasan ini waktu semasa kuliah dulu, jadi saya putuskan buat dibikin ayam kalasan aja, tapi setelah saya cobain, rasanya beda sama yang warung ayam kalasan yang di harkit. Beda orang beda rasa kali ya.. :).Oia, sekalian ayam nya bisa disimpan dikulkas untuk digoreng, buat bekel besok. Ini resep nya, siapa tau bermanfaat ya.. :)

Resep Ayam Goreng Kalasan *saya bikinnya setengah resep aja :)
Bahan:
1/2 ekor ayam, potong 4, bersihkan
250 ml air biasa (katanya lebih enak pakai air kelapa)
30 gr gula merah, sisir halus
1/2 gula jawa
2 cm lengkuas, geprek
2 lbr daun salam

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar, sangrai

Cara:
  • Campur semua bumbu halus dengan ayam, lengkuas, air, salam dan asam jawa.
  • Masak dengan api sedang, sampai air mengering.
  • Goreng dengan minyak panas.
  • Angkat dan sajikan deh ^^
  • Happy Cooking!!!


Tips:
Kalau mau pedas, bisa ditambah cabai di bumbu halus nya ya.
Untuk waktu menggoreng, minyak harus benar-benar panas dan dengan api yang sedang saja *ini liat di abang ayam kalasan di harkit yang selalu goreng ayam nya pake api sedang. 

4 comments:

  1. Hi mbak Rizki, salam kenal.

    btw, itu foto nya kalo gak salah ayamnya dibakar kan ya?
    tapi resep ayamnya digoreng?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba lita..
      yang di foto itu di goreng mba, karna pakai gula merah, ada proses karamelisasi nya mba, jadi nya pas di goreng ada gosong-gosong nya gitu deh. Mirip kaya di bakar. ^^

      Delete
  2. Mpuutt ayam kalasan di harkit yg dmna nya? Pernah sama aku ga makannya?😁

    ReplyDelete
  3. Mpuutt ayam kalasan di harkit yg dmna nya? Pernah sama aku ga makannya?😁

    ReplyDelete