Laman

Sunday 16 June 2013

Kacang Ijo


Hari minggu, bingung nga ada makanan yang buat di cemilin. Mau nya sih bikin donat kentang, mumpung lagi ada event BKR (Bakul Kue Rumahan) kepengen ikutan, tapi topping nya nga ada, jadi malas deh bikinnya. Dikulkas ada kacang ijo sisa, lagipula udah 2 hari yang lalu saya baru beli daun pandan seger-seger sekali. Jadilah dibikin saja kacang ijo nya. Ini resep nya, :) 

Resep Kacang Ijo
Bahan:
300 gr Kacang Ijo
1 1/2 liter air
200 gr gula merah
200 ml santan ( saya dari 100 ml santan kental ditambah 100 ml air)
1/4 sdt garam
1 lbr daun pandan
4 cm jahe, iris-iris

Cara:
  • Larutkan gula merah dengan 150 ml air. Saring.
  • Rebus kacang ijo dengan air, daun pandan dan jahe, gunakan api sedang-kecil. Untuk membuat kacang ijo nya empuk.
  • Setelah air menyusut, dan kacang mulai terlihat pecah dan lunak, masukan santan, gula merah, dan garam. Aduk rata.
  • Angkat dan Sajikan deh ^^
  • Happy Cooking!!!


Tips:
Sebenarnya kacang ijo nya boleh saja direndam dahulu, sehingga waktu pemasakan akan berkurang, karna kacang sudah empuk terlebih dahulu. Tapi berhubung saya agak malas buat rendam dulu, makanya saya rebus langsung. :) 

2 comments:

  1. ini makanan kesukaan aku...sering bikin juga

    ReplyDelete
  2. Mba Amallia.. wah, sama donk mba.. :) ini juga kesukaan aku mba.. :).
    Salam kenal mba.. :)

    ReplyDelete