Laman

Thursday 20 June 2013

Donat Kentang



Akhirnya setelah sekian lama males banget buat bikin donat, sebenarnya sih malas ngulenin nya, fufu. Disuru ke rumah kakak, dan baru nyampe langsung di todong sama ponakan ku *sachi namanya, minta dibikinin donat kentang, karna sachi udah beli bahan-bahannya semua nya. Saya memang sudah lumayan sering bikin donat ini, tapi ini pakai resep yang berbeda dari biasa nya, sekalian ikut kegiatan BKR di facebook. 

Dibantuin sama sachi bikin nya, ya sebenernya lebih bantuin berantakin sih, nimbang terigu malah terigu nya tumpah semua, timbangannya tumplek semua, fiuh, bantuin ngulenin juga, lengket semua deh tangannya jadi nya. hehe. Sachi ini memang selalu bantuin kalau saya bikin kue, sekarang pun udah tambah keterampilannya, sudah bisa pecahin telur sendiri, timbang-timbang terigu, gula, aduk-aduk, banyak lah pokoknya. hehe. Kebiasaannya satu lagi adalah minta foto sama kue nya, dan narsis sekali dia. :). Nih, saya kasih foto-foto nya. :)


Saking kepengen nya sampai baru mateng sudah dilahap, dan habis 4 potong donat hasil bulet-buletin sendiri, ukurannya juga lebih kecil.


Bantuin saya foto juga, bantuin nyusun bunga nya, dan bunga yang sudah saya susun, sudah diberantakin lagi, katanya "Ini, jangan disini naruh nya, disini aja biar cantik"


"Aku mau donk, foto nya kaya gini nih :)" Sambil pose kaya gini. Tuh liat aja, rambut nya, mulut nya udah belepotan gula halus. :)

Ini Resepnya ya.. semoga bermanfaat :)

Resep Donat Kentang 
Source: Nina Naura Cakes BKR
Bahan A
250 gr kentang, kukus, haluskan
500 gr tepung terigu protein tinggi *cakra kembar
75 gr gula halus

Bahan B:
11 gr ragi instan
1 sdt gula pasir
150 ml air hangat
*larutan ragi, gula dan air di aduk rata, biarkan hingga mngembang dan berbuih, kira-kira 10 menit

Bahan C:
2 kuning telur
75 gr margarin
garam secukup nya

Caranya:
Campur bahan A, aduk rata.
Masukan bahan B, uleni sampai rata.
Masukan bahan C, uleni sampai kalis
Istirahat kan kurleb 30 menit
Kempiskan adonan, timbang tiap-tiap adonan *saya tiap adonan saya timbang 50 gr per adonan
Istirahatkan lagi kira-kira 20 menit
Goreng, sambil di puter-puter dengan sumpit kayu di minyak panas, dengan api kecil. 
Angkat dan sajikan deh ^^ *kasih topping sesuai selera.
Happy Baking!!!

Tips:
Air yang digunakan untuk melarutkan ragi, harus air hangat ya, karna jika air terlalu panas ragi nya bisa mati dan tidak mengembang akhir nya. 
Untuk menggoreng, usahakan api nya kecil saja, jika api nya besar, maka bagian dalam donat tidak matang.
Oia, karna baru coba pertama kali untuk resep yang ini, menurut saya donat nya kurang manis jika tidak diberi topping apa-apa. Tapi kalau resep yang lain, donat nya sedikit lebih manis. 



2 comments:

  1. aku suka banget nih donat kentang, sering beli tapi belum pernah bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba.. di bikin sendiri.. gampang ko bikin nya..hehe :). Selamat Mencoba ya mba.. :)

      Delete