Laman

Saturday 3 August 2013

Es Pisang Ijo


Pisang ijooooo......... Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga bikin pisang ijo nya, setelah sekian lama kepingin banget bikin, baru terlaksanakan hari ini. Abang-abang sayur nya sudah pulang kampung ternyata, hiks, jadilah saya pakai pisang nya cuma pisang cavendish aja, enaknya kan pakai pisang raja, karna pak bos udah kepingin banget sama pisang ijo nya, rasa nya ya berbeda lah ya. :). Ini juga pakai resep yang super duper simple banget, dan rasa nya pun mirip ko, :). Bikin pisang ijo nya dalam situasi dan kondisi rumah lagi perang sana sini, banyak bekas cat, tembok yang bekas di bor, pokoknya lagi perang deh, secara saya sama pak bos lagi betulin rumah nya, bikin rak-rak buku, :). 

Entah kenapa, selama ramadhan saya jarang banget ya update ini blog, padahal niat nya mau tiap hari. :(. Karna capek, habis nukang sana sini, akhirnya sampailah berbuka puasa, dan cuma 5 menit lah, langsung habis pisang ijo nya, #kasian banget udah kelaperan :*. Kalau saya sih, kebetulan lagi ngak puasa, tapi tetep aja kaya orang puasa. :). 

Resep Es Pisang Ijo
Source: Mbak Hesti *saya bikin nya 1/4 resep ya, soalnya warga nya cuma 2 orang, yang saya tulis sesuai takaran aslinya mbak hesti aja ya. :)

Bahan Dadar/Kulit:
250 gr tepung terigu
300 ml santan
100 ml air pandan suji (*saya ganti dengan 100 ml air dengan 3 tetes pasta pandan)
1 sdm margarin leleh
1 sisir pisang 

Bahan Saus:
1200 ml santan dari 1 butir kelapa
150 gr tepung beras (*kalau mau lebih encer, tinggal kurangi saja ya)
1/2 sdt garam
200 gr gula pasir
2 lbr daun pandan

Cara:
  • Untuk bahan kulit nya, campur semua bahan, kecuali margarin leleh, aduk rata, pakai whisk sampai halus, kalau perlu disaring ya, setelah semua nya tercampur rata, masukan margarin leleh, aduk rata. Buat dadar di atas pan, lakukan samapi adonan habis.
  • Untuk bahan saus, campur semua bahan, masak diatas api sedang, sampai meletup-letup.
  • Bungkus pisang dengan kulit nya, sisihkan
  • Penyajian nya, letakkan pisang potong sesuai selera, tambahkan saus nya, beri es serut, sirup dan susu kental manis. 

Happy Ramadhan Day#25


1 comment: