Laman

Thursday 15 August 2013

Serabi


Apa kabar? Mumpung masih syawal, saya dan keluarga mau mengucapkan minal aidin walfaidzin. :) Happy Eid Mubarak 1434 H.

Alhamdulillah, setelah sekian lama blog ini nganggur saja, tidak ada yang bisa di upload, sekarang baru bisa deh ngapload nya, setelah parade lebaran nya yang cukup banyak, saya jadi ngak mood bikin apa-apa, masak nya juga standar-standar aja, dan rencana bikin serabi ini pun ada proses perjalanan yang panjang seperti nya, pas suamiku minta bikinin serabi di lebaran ke 3, karna masih ada di rumah kaka, jadilah besok nya ponakan saya pada main kerumah, dan sekalian saya bawa bahan-bahan serabi nya yang kebetulan memang ada dirumah. 

Ternyata ngak sempet juga, bikin serabi nya, akhirnya bahan-bahannya saya bawa pulang lagi kerumah, saya pinjam penggorengan kecil punya kakak, maksud nya buat cetakan serabi nya. Hari selasa saya sudah mau bikin serabi nya, tapi saya ngak begitu niat *saya lagi galau. :D, akhirnya gagal deh, serabi nya ngak bolong-bolong, dan lengket di wajannya. Hari rabu nya saya ditanya sama pak bos "Masih galau ngak?" "Ngak kok :)". Yaudah, besok bikinin serabi nya ya :)". Pak bos kepengen banget sama serabi, sampai nunggu hampir seminggu. Finally, hari ini hari kamis, saya berhasil deh bikin si serabi nya. Alhamdulillah. :). 

Walau sempet ada hambatan dikit, pas saya mau foto, eh batre kamera nya habis, hiks. Males lah, turun kebawah buat beli batre, jadi lah foto nya pakai handphone aja deh. :).

Resep Serabi
Source: Disini
Bahan:
250 gr tepung beras
25 gr terigu
1/2 sdt ragi instan

1 sdt baking soda
1/2 sdt vanili *saya skip
500 ml santan 
1 btr telur
Santan kental untuk pengoles *saya skip

Cara:
  • Masukan semua bahan kering, aduk rata, masukan santan sedikit demi sedikit, aduk dengan whisk, sampai tercampur rata.
  • Masukan telur, aduk rata. Diamkan selama 1 jam
  • Setelah itu, cetak di wajan, dan sajikan dengan saus kinca.


Bahan Saus Kinca:
200 gr gula merah, sisir halus
150 ml air
25 ml santan kental

Cara:
  • Rebus air dan gula merah, setelah larut masukan santan kental, aduk rata dan saring. :)

Tips:
Kalau sedang galau mendingan tak usah bikin makanan apa-apa deh, daripada rasa masakan atau makannya ngak enak, atau ada aja yang kurang. Mending tunggu adem dulu perasaannya baru deh bikin, dijamin pasti enak, setidaknya enak buat suami sayah. :). *ini pengalaman lho.



No comments:

Post a Comment