Laman

Tuesday 20 August 2013

Sop Daging Padang




Alhamdulillah, akhirnya tercapai sudah rasa kepingin saya bikin sup daging yang di rumah makan padang, sup nya gurih sekali, plus banyak rempah-rempah yang dipakai, dan rasanya uuueeennaaaakkk banget deh >.<, pokok nya saya seneng banget sama rasanya, padahal saya termasuk yang tidak begitu suka dengan rempah-rempah lho. :). tapi ini saya suka banget. :)

Sup nya cocok banget buat di buat saat dingin, disamping mengenyangkan bisa juga buat menghangatkan tubuh :). Kalau di resep sebenarnya sih pakai iga sapi, tapi disini agak susah cari nya, dibawah cuma ada babang sayur tapi ngak jual daging, akhirnya diputuskan saya pakai daging biasa aja *mungkin kalo pakai iga lebih enak lagi kali ya, lain kali saya mau bikin pakai iga sapi yang baru dipotong deh. :p. Suami tertjintah yang beliin daging nya, timakasi ya sayang :*. 

Untuk isian nya pun nga terlalu banyak kaya sop sayur biasa, isi nya cuma kentang dan wortel aja. Pokoknya saya suka banget deh, sama sup ini.. :). Sepertinya saya bakalan jarang masak sop sayur biasa :p. Walaupun saya bikin nya kurang sambal, jadi nya kurang rasa pedas nya. :).

Resep Sup Daging Padang
Source:Disini *saya modifikasi sedikit ya :) saya tulis yang saya buat aja ya. :)
Bahan:
125 gr daging sapi yang sudah dipotong dadu kecil
1 buah wortel, iris sesuai selera
2 buah kentang, iris sesuai selera
1 batang daun bawang, iris 1 cm
2 batang seledri, ikat

2 buah bunga pekak
3 buah kapulaga
3 butir cengkeh *ukuran cengkeh nya kecil
1 cm kayu manis
1/8 biji pala, parut *kira-kira aja ya
1 cm jahe, di keprek
1 buah kaldu blok rasa sapi
Air secukup nya
Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Cara:
Rebus daging, rebus sampai empuk. Buang busa-busa saat proses perebusan, jika sudah setengah matang, masukan bunga pekak, kapulaga, cengkeh, biji pala, kayu manis, kaldu blok dan garam. Rebus sampai empuk.

Masukan kentang dan wortel, masak sampai semuanya empuk. Saat kentang dan wortel dimasukan, siapkan wajan lain, untuk menumis bumbu halus nya sampai harum, setelah itu masukan ke dalam air rebusan.

Masak sampai matang, masukan seledri dan daun bawang, rasakan kembali garam nya. :)

Angkat dan sajikan dengan kerupuk, sambal yang pedass sekali. :).



No comments:

Post a Comment