Laman

Tuesday 23 July 2013

Cappucino Churros with Dulce de Leche


Akhirnya setelah sekian lama menunggu, dan udah ngak sabaran pingin banget nyobain yang mana nya dulce de leche. Kemarin saya bulatkan tekat buat bikin si dulce de leche nya. 

Yang belum tau dulce de leche itu sejenis apa, sini saya kasih tau. Dulce de Leche adalah karamel yang terbuat dari susu cair yang dibuat dengan cara merebus atau dipanggang. Sebenernya saya ngiler waktu Mbak Eliza bikin banana bread with dulce de leche, saya menunggu si dulce nya matang sampai 4 jam lho, saya buat nya dari jam setengah 6 sampai jam setengah 10. Abang udah takut aja, ngerebus nya kok lama banget, nanti kenapa-napa. 

4 jam berlalu, mateng deh, dan bingung ini mau diapakan, apakah tunggu dingin dulu baru dibuka, atau bagaimana, akhirnya saya memutuskan untuk buka kaleng susu nya. Pas dibuka, wussss muncrat deh keluar, dan saya langsung kaget, langsung ketawa deh, udah tau kan namanya kaleng susu direbus berjam-jam, pasti ada tekanan udara nya, malah pas buka deket-deket banget, alhasil rambut saya kena deh si dulce de leche nya. 1 jam sebelum mateng saya bikin churros nya, buat teman makan dulce de leche nya. 

Resep Churros
Source :Momylicious
Bahan:
150 gr tepung terigu
100 ml susu cair *saya ganti sama larutan cappucino
200 ml air
50 gr mentega
1/2 sdt garam
2 butir telur

Cara:
  • Didihkan air, mentega, susu, garam, setelah mendidih, kecilkan api masukan tepung terigu sekaligus. Aduk sampai kalis, dan jangan khawatir jika terigu bergumpal. Aduk terus saja.
  • Jika sudah kalis, matikan api, hilangkan uap panas nya, masukan telur, dan kocok sampai tercampur rata.
  • Setelah itu masukan ke kantung segitiga, pakai spuit 1 M, goreng sambil diangkat keatas, supaya hasil nya kurus dan lurus, potong dengan gunting yang sudah di celup minyak supaya tidak lengket saat menggunting.
  • Sajikan bersama dulce de leche.
  • Happy Cooking!!!
Hasil dari churros nya, terlalu mengembang, ternyata setelah blogwalking ke mbak hesti, untuk menghasilkan churros yang agak padat, maka kurangi penggunaan telur. Jadi saat di cetak bentuk bintang nya akan lebih jelas terlihat. Mungkin lain kali saya coba lagi deh.

Dan hasil nya, Alhamdulillah enaaakkkk sekalii, churros sama dulce de leche emang cocok banget. :)



No comments:

Post a Comment